SILABUS
PENGERTIAN
Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup:standar kompetensi, kompetensi dasar materi, pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu, sumber belajar.
PRINSIP
1. Prinsip Ilmiah
• Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan
2. Prinsip Relevan
• Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik.
3. Prinsip Sistematis
• Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi
4. Prinsip Konsisten
• Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
5. Prinsip Memadai
• Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
6. Prinsip Aktual & Kontekstual
• Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi
7. Prinsip Fleksibel
• Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat
8. Prinsip Menyeluruh
• Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, dan psikomotor)
0 komentar:
Posting Komentar